Deskripsi Kebutuhan Fungsional Sistem Informasi

Dosen : Dr. Drs. ERI ZULIARSO, M.KOM

Link Download (eng. ver. ) : Deskripsi Kebutuhan Fungsional SI english ver.

A. Penjelasan Sistem Informasi

Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen

Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.

Sistem Informasi kami adalah Pick-a-Book yaitu sebuah sistem penghubung anatara penyewa buku dan pemilik persewaan. Sistem ini mempermudah penyewa untuk memilih buku berdasarkan genre, penulis maupun penerbit yang ia sukai. Bagi penyedia jasa persewaan sendiri sistem ini mempermudah untuk mengelompokkan buku berdasarkan genre, penulis serta penerbit, sistem ini juga mempermudah penyedia jasa persewaan dalam memantau perjalanan buku yang disewakan.

B. Pengguna Sistem Informasi

Pengguna atau orang yang memanfaatkan sistem informasi ini adalah para pelanggan yang menggunakannya untuk memilih jenis buku dan mendapatkan informasi mengenai buku yang ingin ia pinjam. Pengguna sistem lainnya yaitu pemilik dari persewaan yang berlaku sebagai admin, dapat menggunakan sistem ini untuk mengelompokkan jenis buku serta mengetahui buku yang sedang dipinjam, tanggal jatuh tempo pengembalian dan denda yang harus dibayar oleh peminjam.

C. Kebutuhan Pengguna

  1. Pelanggan / Penyewa

Pelanggan membutuhkan sistem untuk dapat memilih jenis buku yang ingin dipinjam yang dapat ia cari berdasarkan genre buku, penulis, maupun penerbit. Pelanggan juga butuh informasi mengenai tanggal jatuh tempo pengembalian serta denda yang harus dibayarkan apabila ia terlambat mengembalikan buku tersebut.

  1. Pemilik persewaan

Pemilik persewaan membutuhkan sistem untuk mendata buku berdasarkan kelompok buku misalnya berdasarkan genre dan penerbit dan juga mendata informasi singkat dari peminjam buku. Sistem juga dibutuhkan untuk memberitahu buku mana yang sering dipinjam dan juga memunculkan tanggal jatuh tempo peminjaman serta jumlah denda yang akan dibayarkan.

 

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.