Deskripsi Sistem Informasi (Revisi)

Dosen : Dr. Drs. ERI ZULIARSO, M.KOM

 

Link download (eng. ver.) : Deskripsi Sistem Informasi English Version

Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.

Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.

Secara terpisah, Pengertian Sistem adalah kumpulan orang yang saling bekerja sama dengan ketentuan-ketentuan aturan yang sistematis dan terstruktur untuk membentuk satu kesatuan melaksanakan suatu fungsi untuk mencapai tujuan. Sistem memiliki beberapa karakteristik atau sifat yang terdiri dari komponen sistem, batasan sistem, lingkungan luar sistem, penghubung sistem, masukan sistem, keluaran sistem, pengolahan sistem dan sasaran sistem.

Sedangkan Pengertian Informasi adalah data yang diolah menjadi lebih berguna dan berarti bagi penerimanya dan untuk mengurangi ketidakpastian dalam proses pengambilan keputusan mengenai suatu keadaan.

Sistem Informasi kami adalah Pick-a-Book yaitu sebuah sistem penghubung antara penyewa buku dan pemilik persewaan. Sistem ini mempermudah penyewa untuk memilih buku berdasarkan genre, penulis maupun penerbit yang ia sukai. Bagi penyedia jasa persewaan sendiri sistem ini mempermudah untuk mengelompokkan buku berdasarkan genre, penulis serta penerbit, sistem ini juga mempermudah penyedia jasa persewaan dalam memantau perjalanan buku yang disewakan misalnya : tanggal jatuh tempo pengembalian buku serta denda yang harus dibayar penyewa apabila ia terlambat mengembalikan buku tersebut.

Sal

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.